Untirta Civic Education Journal
Vol 3, No 1 (2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANBERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEWARGANEGARAAN MAHASISWA

Rohani Rohani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkann pengetahuan kewarganegaraan mahasiswa dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan agar mampu memecahkan masalah-masalah kewarganegaraan. Adapun model pembelajaran yang digunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan dan bentuk penelitiannya penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwamodel pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pengertahuan kewarganegaraan.  Pengetahuan kewarganegaraan mahasiswa dengan menggunakanmodel pembelajaran berbasis masalah mengalami kenaikan setiap siklusnya.Pada Pra Siklus rata-rata pengetahuan kewarganegaraan mahasiswa yaitu 65,95%. Pada siklus I pengetahuan kewarganegaraan mahasiswa rata-rata 71,47% dan siklus II pengetahuan kewarganegaraan mahasiswa mencapai rata-rata 80,89 %

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...