AKSIOMA
Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA MELALUI MODEL PBL BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI KEPRIBADIAN TOPOLOGI HIPPOCRATES DAN GALENUS TIPE CHOLEARIS DAN PHLEGMANTIS

Sofri Rizka Amalia (Universitas Peradaban Bumiayu)
An Nur Ami Widodo (Universitas Peradaban Bumiayu)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan aspek penting dalam matematika tetapi kemampuan pemecahan masalah mahasiswa masih rendah. Hal ini dipengaruhi oleh banyak factor. Kecenderungan tipe kepribadian yang dimiliki mahasiswa mempengaruhi output mereka ketika memecahkan masalah. Faktor lain adalah model pembelajaran yang digunakan masih kurang dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Pembelajaran menggunakan model PBL berbasis etnomatematika merupakan salah satu cara melatih kemampuan pemecahan masalah dan menguatkan kecintaan mahasiswa terhadap budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa melalui model PBL berbasis etnomatematika ditinjau dari kepribadian topologi hippocrates dan galenus tipe Cholearis dan Phlegmatis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester IV. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model  Miles and Huberman yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian data), Conclusing Drawing/ Verification (Menarik Kesimpulan dan Memverivikasi Kesimpulan). Keywords:Kemampuan Pemecahan Masalah, PBL Berbasis Etnomatematika, Kepribadian Topologi Hippocrates dan Galenus Tipe Cholearis dan Phlegmatis

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...