AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 7, No 2: Desember 2017

PENGARUH MATHEMATICS SELF-EFFICACY (MSE) TERHADAP HASIL DARI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SISWA

Sukoco, Heru ( Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMBY)
Khuzaini, Nanang ( Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMBY)
Wismono, Arief ( Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Jetis Bantul)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Mathematics self-efficacy (MSE) terhadap hasil UN Matematika siswa tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian ex-postfacto dengan desain kausal komparatif yang melibatkan 1 grup eksperimen dan 1 grup kontrol. Total sampel adalah 110 siswa, yaitu 55 siswa jurusan IPA dan 55 siswa jurusan IPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala MSE. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi sederhana dan Analysis of Covariance (ANCOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh MSE terhadap hasil UN Matematika adalah sebesar  untuk jurusan IPA. Sedangkan untuk jurusan IPS, besarnya pengaruh MSE terhadap hasil UN Matematika adalah sebesar . Hasil pengujian lebih lanjut, ANCOVA, menunjukkan terdapat perbedaan hasil UN Matematika siswa antar kategori MSE dengan melakukan kontrol terhadap hasil TO UN Matematika. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa Mathematics self-efficacy (MSE) berpengaruh terhadap hasil UN Matematika siswa tahun 2015.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...