Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 1 (2017): Januari

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI DAN PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA (Eksperimen Pada Siswa SMA Islam Al-Ikhlas Kota Bekasi)

nur rizkiyah (universitas indraprasta pgri jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2017

Abstract

ABSTRAKPendidikan sangat menentukan kualitas manusia. Sumber daya manusia yang unggul dapat membawa kemajuan Namun pembelajarn dikelas masih kurang optimal. Pendekatan pembelajaran yang tepat  perlu ditingkatkan  Penelitian ini memakai metode eksperimen . Uji Prasyarat data dengan menggunakan Uji Normalitas,Homogenitas dan Linieritas. Hasil uji normalitas sebesar untuk empat kelompok data masing-masing 0.259,0.400,0.499 dan 0.586 yang berarti Sig. 0.05 yang berarti berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil uji prasyarat Homogenitas metode pembelajaran untuk penguasaan konsep biologi sebesar 0.229,yang berarti Sig. 0.05,  dan data metode pembelajaran untuk perilaku hidup sehat sebesar 0.169,sehingga Sig 0.05 ,sehingga varians homogen. Hasil uji linirealitas  adalah 0,536 atau sig 0,05, sehingga disimpulkan persamaan regresi penguasaan konsep biologi atas perilaku hidup sehat pada pembelajaran metode eksperimen adalah linear.  0,215 atau sig 0,05, sehingga disimpulkan persamaan regresi penguasaan konsep biologi atas perilaku hidup sehat pada pembelajaran metode diskusi adalah linear.Subyek penelitian adalah siswa kelas X ,SMA Islam Al-Ikhlas Kota Bekasi sebanyak 40 orang. Hasil penelitian kuantitatif dan kualitatif dapat disimpulkan : (1).Terdapat pengaruh  yang signifikan  metode pembelajaran terhadap penguasaan konsep Biologi dan perilaku hidup sehat mahasiswa secara bersama-sama. (2). Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap penguasaan konsep biologi. (3). Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata penguasaan konsep biologi dan perilaku hidup sehat antara kedua metode pembelajaran. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Penguasaan Konsep Biologi dan Perilaku                       Hidup Sehat

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...