Permasalahan pokok dalam penelitian ini apakah teknik pemodelan dapat meningkatkan keterampilan siswa membaca nyaring di kelas IV SDN 2 Malomba. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca nyaring melalui teknik pemodelan. Untuk mengkaji masaalah di atas, peneliti melakukan penelitian deskritif. Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model siklus yang dikembangkan sesuai dengan prosedur PTK yaitu suatu siklus yang terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar yang dilakukan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, kemudian disimpulkan dan diinterpretasikan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa dengan teknik pemodelan dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas IV SDN 2 Malomba Kec. Dondo Kab. Tolitoli. Hal ini dapat dilihat dan nilai yang dicapai oleh siswa menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan klasikal yaitu sebesar 12,90 %. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 96,77 %. Jadi, taraf nilai ketuntasan klasikal yang disajikan naik 83,87%. Dengan demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: Keterampilan, Membaca Nyaring, Teknik Pemodelan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017