Dalam  pembelajaran  IPA,  banyak  media  yang  mendukung  pembelajaran IPA, salah satunya adalah media SEQIP. SEQIP (Science Education Quality Improvement Project)   salah satu penunjang guru dalam dalam mengupayakan kualitas pembelajaran IPA yang lebih bermutu.Yang menjadi rumusan masalahnya adalah  adakah pengaruh penggunaan media SEQIP terhadap hasil belajar siswa di kelas VI SD Negeri 50 Banda Aceh. Dengan tujuan untuk mengetahui  pengaruh   penggunaan media SEQIP terhadap hasil belajar siswa di kelas VI SD Negeri 50 Banda Aceh. Menggunakan pendekatan  kuatitatif dengan   jenis eksperimen. Dilaksanakan penelitian ini di SD Negeri  50 Banda Aceh dengan subjeknya berjumlah 58 siswa,  dimana  kelas  VIa  30  siswa  dan  kelas  VIb  28  siswa  .  Menggunakan Instrument bentuk  tes  soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal, data yang diperoleh dari hasil tes kemudian pengolahan data menggunakan SPSS 16.0.Berdasarkan hasil analisis data yang telah diamati di SDN 50 Banda Aceh yang didapatkan dari tes akhir siswa pada kedua kelas dengan menggunakan statistic parametrik yakni   = 9,213, sedangkan   pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (n1 + n2 – 2) = (30 + 28 – 2) =  56 adalah 1,90. Sehingga HO ditolak dan h1 diterima, artinya hipotesi dari penelitian ini diterima.Simpulan  dari penelitian adalah adanya pengaruh hasil belajar IPA yang diajarkan menggunakan media SEQIP  dan yang tidak menggunakan media SEQIP pada tema Bumiku di kelas VI SDN 50 Banda Aceh.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018