Indonesian Journal of History Education
Vol 5 No 2 (2017): Indonesian Journal of History Education

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia E- Learning Berbasis Quipper School Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK N 04 Kendal Tahun Pelajaran 2016/2017

Ratri, Sifi Dianing (Unknown)
Bain, Bain (Unknown)
Amin, Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui minat dan hasil belajar sejarah siswa kelas X di SMK N 04 Kendal sebelum menggunakan media pembelajaran sejarah e-learning berbasis quipper school; 2) untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan media e- learning berbasis quipper school; 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran sejarah e- learning berbasis quipper school terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X di SMK N 04 Kendal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design dan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media e- learning berbasis quipper school skor rata- rata minat belajar siswa dikelas tersebut 67.83 dengan kategori cukup dan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media e- learning berbasis quipper school masih berada dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 25.97 untuk pretest kelas kontrol dan 37.36 untuk pretest kelas eksperimen. Hasil uji t minat belajar menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 6.587 >1.994 (t tabel), dan hasil uji t hasil belajar menunjukkan nilai t hitung sebesar 9.084 > 1.994 (t tabel), sehingga terdapat perbedaan minat dan hasil belajar siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan media e-learning berbasis quipper school. Pengaruh penggunaan media e-learning berbasis quipper school terhadap minat belajar sebesar 40.3% dan pengaruhnya terhadap hasil belajar sebesar 27.5%, sehingga penggunaan media pembelajaran sejarah e- learning berbasis quipper school mempunyai pengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X SMK N 04 Kendal.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ijhe

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesia Journal of History Education (IJHE) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian atau konseptual tentang pendidikan sejarah yang meliputi kajian kurikulum sejarah, proses pembelajaran, media dan sumber belajar sejarah, inovasi pendidikan sejarah dan pendidikan. IJHE merupakan ...