Tujuan pembelajaran Fisika pada tingkat SMA diarahkan untuk menguasai konsep dan melatihkan kerja ilmiah atau scientific approach siswa  yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Penelitian  ini  bertujuan untuk menganalisis  perubahan  konseptual  siswa  setelah  melalui  pembelajaran authentic  problem melalui integrative learning. Penelitian  ini  menggunakan jenis  penelitian mixed method. Desain penelitian  yang  digunakan  pada penelitian  ini  adalah embedded  experimental design.  Data  kualitatif  yang  berupa  pelaksanaan  pembelajaran diambil melalui observasi langsung dan disajikan secara deskriptif. Data kuantitatif yang berupa nilai perubahan konseptual siswa diambil melalui tes penguasaan konsep dan dianalisis melalui uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa : 1) Terdapat perubahan konseptual pada siswa setelah dilakukan pembelajaran Authentic problem melalui Integrative  Learning.  2)  Pembelajaran authentic  problem melalui integrative  learning yang diterapkan  pada  penelitian  ini  memiliki  ciri  :  “  siswa  memecahkan  masalah  otentik  melalui  diskusi  dan praktikum; evaluasi yang dilakukan meliputi evaluasi diri sendiri, evaluasi teman dan evaluasi guru“.  Kata Kunci: Perubahan Konseptual, Integrative Learning, Authentic Problem
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016