Tujuan pembelajaran Fisika pada tingkat SMA diarahkan untuk menguasai konsep dan melatihkan kerja ilmiah atau scientific approach siswa yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan konseptual siswa setelah melalui pembelajaran authentic problem melalui integrative learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah embedded experimental design. Data kualitatif yang berupa pelaksanaan pembelajaran diambil melalui observasi langsung dan disajikan secara deskriptif. Data kuantitatif yang berupa nilai perubahan konseptual siswa diambil melalui tes penguasaan konsep dan dianalisis melalui uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perubahan konseptual pada siswa setelah dilakukan pembelajaran Authentic problem melalui Integrative Learning. 2) Pembelajaran authentic problem melalui integrative learning yang diterapkan pada penelitian ini memiliki ciri : “ siswa memecahkan masalah otentik melalui diskusi dan praktikum; evaluasi yang dilakukan meliputi evaluasi diri sendiri, evaluasi teman dan evaluasi guru“.  Kata Kunci: Perubahan Konseptual, Integrative Learning, Authentic Problem
Copyrights © 2016