Observasi pada siswa kelas V SDN Tegalkalong II Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang terdapat hasil belajar siswa yang rendah yaitu hanya 8% siswa yang nilainya sudah tuntas dari total jumlah siswa 24. Penyebabnya kinerja guru yang belum maksimal dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa harus ditingkatkan. Penerapan metode tari bambu dengan teknik permainan ekspresi wajah dipilih sebagai cara untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Kesimpulan penulisan ini mengindikasikan bahwa penerapan metode tari bambu dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi. Tindakan yang dilakukan dalam tiga siklus meningkatkan tes hasil belajar siswa, terbukti 92% siswa sudah tuntas dari target yang ditetapkan yaitu 85%. Kinerja guru mencapai target yaitu 100%, dan aktivitas siswa sudah memenuhi target yaitu 87,5% dari target yang ditetapkan 85%. Maka penerapan metode tari bambu dengan teknik permainan ekspresi wajah dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa pada materi puisi. Kata Kunci : Tari Bambu, Permainan Ekspresi Wajah, Membaca Puisi.
Copyrights © 2016