JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA

Ridwanulloh, Agus (Unknown)
Jayadinata, Asep Kurnia (Unknown)
Sudin, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model contextual teaching and learning pada materi pesawat sederhana. Metode yang digunakan ialah eksperimen murni yang menggunakan dua subjek yang dipilih acak dengan asumsi memiliki karakteristik sama. Pretest-posttest digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Pretest diberikan sebelum adanya perlakuan dan posttest diberikan setelah adanya perlakuan. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V se-Kecamatan Majalengka kelompok sedang dengan sampel yaitu SDN Kulur I sebagai kelompok eksperimen dan SDN Cicurug I sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model contextual teaching and learning dan konvensional dapat meningkatkan hasil belajar. Dilihat dari perhitungan uji rata-rata non paramatrik Wilcoxon pada kedua kelas. sig (1-tailed) sebesar 0,000 dengan taraf signifikasi α=0,0. Selanjutnya hasil perhitungan uji Mann Whitney (1-tailed) 0,0065 0,05. Artinya pembelajaran dengan model contextual teaching and learning lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Kata kunci: model contextual teaching and learning, konvensional, hasil belajar.

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...