Salahsatu tujuan matapelajaran matematika berdasarkan KTSP menyebutkan agar siswa mempunyai kemampuan dalam memahami konsep matematika. Pembelajaran yang dianjurkan agar siswa memahami apa yang dipelajarinya bisa melalui proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, diantaranya menggunakan pendekatan realistik dan kontekstual. Oleh sebab itu, tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pangaruh antara pendekatan realistik dan pendekatan kontekstual terhadap pemahaman matematis siswa pada materi kesebangunan. Adapun populasi yang diambil adalah semua siswa kelas V sekolah dasar yang ada di Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung, kemudian sampel yang dipilih adalah siswa kelas V SDN Cibunar dan siswa kelas V SDN Pamujaan 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan realistik dan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman matematis, tetapi tidak terdapat perbedaan pengaruh antara pendekatan realistik dan pendekatan kontekstual terhadap pemahaman matematis siswa pada materi kesebangunan. Hal ini terjadi karena pendekatan realistik dan pendekatan kontekstual mempunyai pengaruh yang berbeda pada ketercapaian setiap indikator pemahaman matematis.
Copyrights © 2017