ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemhaman IPS dan kecerdasan emosional siswa melalui strategi Quantum Teaching menggunakan metode eksperimen murni dengan desain pretest-postest control group design. Populasinya adalah seluruh siswa SD Kelas IV se-Kecamatan Sumedang Utara di kelompok papak. Adapun sampelnya adalah siswa kelas IV SDN Panyingkiran I dan SDN Panyingkiran II. Untuk mengukur peningkatan pemahaman IPS siswa, digunakan instrumen tes multiple choice, sementara untuk mengukur kecerdasan emosional siswa digunakan skala likert. Berdasarkan penelitian, diketahui: 1) Pada  taraf signifikansi α = 0.05,  Quantum Teaching dinyatakan tidak lebih baik dalam meningkatkan pemahaman IPS siswa dengan P-value (Sig. 1-tailed) sebesar 0,1005 2) Quantum Teaching lebih baik dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa dengan P-value (sig. 1-tailed) sebesar 0,005. Dengan demikian, diperoleh simpulan bahwa Quantum Teaching tidak lebih baik dalam meningkatkan pemahaman IPS siswa, namun lebih baik dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa.Kata Kunci: Quantum Teaching, Pemahaman IPS, Kecerdasan Emosional
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016