JPI
Vol 1, No 1 (2016)

Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Menggunakan Media Papan Gambar Berlapis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Munawaroh, Zahrotul (Unknown)
Kurnia, Dadang (Unknown)
Kurnia Jayadinata, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2016

Abstract

AbstrakPenelitian pada kelas V SDN Pasanggrahan I di Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka menunjukan pembelajaran IPS dilakukan secara klasikal, akibatnya pemahaman siswa menjadi rendah, sehingga hasil belajar siswa rendah, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan model CTL dengan menggunakan papan gambar berlapis. Metode penilitian yang digunakan adalah PTK dengan pendekatan deskriptif kualitatif untuk meningkatkan hasil belajar. Desain penelitian menggunakan model spiral Kemmis dan Taggart. Meningkatnya kinerja guru dan keterampilan siswa dapat meningkatkan hasil belajar, dapat dilihat pada data awal  5 siswa (24%) tuntas dari 21 siswa. Setelah menerapkan model CTL dengan menggunakan media papan gambar berlapis jumlah siswa tuntas mengalami peningkatan. Pada siklus I, 9 siswa (43%) tuntas, siklus II, 17 siswa (81%) tuntas, dan siklus III, 20 siswa (95%) siswa dari target 86%.Berdasarkan hasil penelitian menunjukan penerapan model CTL dengan menggunakan media papan gambar berlapis meningkatkan dan hasil belajar siswa.Kata Kunci: Model CTL, media papan gambar berlapis, Hasil Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...