Berdasarkan paparan data awal yang diperoleh kelas IV-A SDN Pasanggrahan I mengalami kesulitan dalam melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian masih sedikit siswa yang mencapai KKM. Penelitian mengacu pada desain Spiral Kemmis dan Mc Taggart. Dalam penelitian iniuntuk kinerja guru siklus I mencapai 83% dari semua aspek yang dinilai, siklus II mencapai 94,4%, siklus III mencapai 100%. Untuk aktivitas siswa dari 31 siswa yang mendapat kriteria baik sekali 7 siswa (23%), siklus II 15 siswa (49%0), siklus III 27 siswa (87%). Untuk hasil belajar siswa data awal dari 31 siswa hanya 8 siswa ( 27%) yang mencapai KKM 73, siklus I ada 17 siswa ( 49%), siklus II ada 22 siswa (71%), dan siklus III ada 29 siswa (94%) melebihi target penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan metode Explicit Instruction dan media buku bergambar dapat meningkatkan hasil belajar.Kata kunci: Metode Explicit Instruction dan Media Buku Bergambar MeningkatkanMembaca Petunjuk  Pemakaian
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016