JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA DENAH 3D UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDESKRIPSIKAN PETUNJUK DENAH

Sariningsih, Wardini (Unknown)
Iswara, Prana Dwija (Unknown)
Panjaitan, Regina Lichteria (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2016

Abstract

Berdasarkan hasil observasi diketahui siswa kesulitan mengemukakan pendapat mengenai deskripsi petunjuk denah secara lisan dengan kalimat yang runtut. Kurangnya kreativitas guru, minimnya fasilitas, kurangnya semangat belajar dan rasa ingin tahu siswa sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif. Upaya dilakukan dengan menerapkan model cooperative learning tipe jigsaw  berbantuan media denah 3D. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart.  Instrumen yang digunakan observasi perencanaan dan pelaksanaan kinerja guru, wawancara siswa dan guru, format aktivitas siswa, catatan lapangan dan tes hasil belajar. Pada data awal, siswa tuntas sembilan orang dengan persentase 29,03% dari jumlah siswa 31 orang.  Siklus I empat belas orang dengan persentase 45%. Siklus II 21 orang dengan persentase 68%. Siklus III 27 orang dengan persentase 87%. Dengan demikian penerapan model cooperative learning tipe jigsaw  berbantuan media denah 3D telah meningkatkan kemampuan belajar siswa pada materi mendeskripsikan petunjuk denah di kelas IV SDN Sukatali Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang.Kata Kunci : Model Cooperative Learning, Teknik Jigsa, Media Denah 3D.

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...