JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENERAPAN METODE QRCS (QUANTUM READING DAN COOPERATIVE SCRIPT) DALAM MEMBANDINGKAN ISI DUA TEKS

Sutriani, Ria (Unknown)
Sunarya, Dede Tatang (Unknown)
Djuanda, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2016

Abstract

Berdasarkan data awal yang diperoleh dari hasil observasi pada siswa kelas Va SDN Pasanggrahan 1, siswa mengalami kesulitan dalam membandingkan isi dua teks. Dalam pelaksanaan pembelajaran siswa kurang disiplin dan konsentrasi terhadap teks bacaan sehingga hasil tes belajar siswa masih rendah. Dengan adanya permasalahan tersebut maka diterapkanlah metode QRCS dalam membandingkan isi dua teks.  Tujuan diterapkannya metode QRCS untuk meningkatkan kemampuan siswa membandingkan isi dua teks. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Spiral dari Kemmis dan Taggart. Pelaksanaan tindakan penerapan metode QRCS dilakukan selama tiga siklus. Pada siklus I ketuntasan siswa mencapai persentase  46%, Pada siklus II ketuntasan siswa mencapai persentase  79%, dan siklus III mencapai persentase 93%. Target yang telah ditentukan yaitu 85%. Dengan hasil siswa yang meningkat dan melebihi target, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode QRCS  dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membandingkan isi dua teks.Kata Kunci: Metode Pembelajaran, QRCS (Quantum Reading dan Cooperative Script).

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...