Berdasarkan data awal yang diperoleh dari hasil observasi pada siswa kelas Va SDN Pasanggrahan 1, siswa mengalami kesulitan dalam membandingkan isi dua teks. Dalam pelaksanaan pembelajaran siswa kurang disiplin dan konsentrasi terhadap teks bacaan sehingga hasil tes belajar siswa masih rendah. Dengan adanya permasalahan tersebut maka diterapkanlah metode QRCS dalam membandingkan isi dua teks. Tujuan diterapkannya metode QRCS untuk meningkatkan kemampuan siswa membandingkan isi dua teks. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Spiral dari Kemmis dan Taggart. Pelaksanaan tindakan penerapan metode QRCS dilakukan selama tiga siklus. Pada siklus I ketuntasan siswa mencapai persentase 46%, Pada siklus II ketuntasan siswa mencapai persentase 79%, dan siklus III mencapai persentase 93%. Target yang telah ditentukan yaitu 85%. Dengan hasil siswa yang meningkat dan melebihi target, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode QRCS dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membandingkan isi dua teks.Kata Kunci: Metode Pembelajaran, QRCS (Quantum Reading dan Cooperative Script).
Copyrights © 2016