Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V di SDN Tegalkalong I,didapatkan hasil yang kurang memuaskan dalam proses dan hasil pembelajaran menulis suratundangan ulang tahun. Untuk mengatasi tersebut, maka dilakukan penelitian tindakan kelasmenggunakan rancangan penelitian dari Kemmis dan Taggart. Kinerja guru perencanaansiklus I (81,25%), siklus II (93,75%) dan siklus III (100%). Kinerja guru pelaksanaan siklus I(86,2%), siklus II (93,10%) dan siklus III menjadi (100%). Aktivitas siswa yang mendapatkankriteria baik sekali pada siklus I 14 (58,3%) siswa, siklus II 18 (75%) siswa dan siklus III 21(87,5%) siswa. Hasil belajar data awal 4 siswa (16,6%) yang mencapai KKM 70. Siklus I, siswayang tuntas 12 siswa (50%), siklus II 18 siswa (75%) dan siklus III 21 siswa (87,5%) yang tuntas,sehingga berhasil melebihi target yang ditentukan. Dapat disimpulkan penerapan metodepasangan bernomor dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis suratundangan ulang tahun.
Copyrights © 2016