JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL PADA MATERI SUMBER ENERGI BUNYI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Azizah, Nur (Unknown)
Sujana, Atep (Unknown)
Isrok’atun, Isrok’atun (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan pada hasil belajar siswa kelas IV B di SDN Pawenang. Pendekatan SAVI salah satu alternatif yang dipilih untuk mengatasi permasalahan pada hasil belajar siswa dalam materi sumber energi bunyi di kelas IV B. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Desain yang digunkan dalam penelitian ini mengacu pada desain Kemis dan Mc Tagart, yaitu siklus berputar yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus tindakan yang dilakukan mengalami peningkatan pada kinerja guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Peningkatan yang terjadi pada siklus III telah mencapai target yang diinginkan, sehingga siklus dihentikan sampai siklus III. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penerapan pendekatan SAVI pada materi sumber energi bunyi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...