Berdasarkan data awal dalam keterampilan menulis ringkasan buku, hanya 17% siswa yangtuntas. Oleh karena itu dirancanglah metode PQRST-A3 untuk meningkatkan proses dan hasilbelajar.Metode PQRST-A3 merupakan gabungan dari metode pembelajaran PQRST yaitu(preview, question, read, summary, dan test dan metode jigsaw.Teknik melingkari kesalahanejaan digunakan untuk mengoerksi penggunaan ejaan siswa. Subjek peneitian yaitu siswakelas V B SDN Cikoneng I yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian tindakan kelas yang dilakukan selama tiga siklus.Teknik pengumpul data yangdigunakan yaitu wawancara, observasi, catatan lapangan dan tes hasil belajar. Hasil daripenelitian ini yaitu kinerja guru dari perencanaan dan pelaksanaan dinilai sangat baik.Aktivitas siswa dengan kriteria sangat baik mencapai 90%. Hasil belajar siswa dalam menulisringkasan buku mengalami peningkatan setiap siklusnya. Siklus I mencapai 43%, siklus IImencapai 60%, siklus III mencapai 90%.
Copyrights © 2016