JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Abdurrozak, Rizal (Unknown)
Jayadinata, Asep Kurnia (Unknown)
Isrok'atun, Isrok'atun (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2016

Abstract

Fokus penelitian ini mengenai kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebagai akibat dari pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pemilihan sampel melalui cara purposive sampling. Sampel yang diambil adalah kelas IV di SDN Paseh 2 dan SDN Legok 1. Instrumen penelitian menggunakan soal tes kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar, angket terbuka, lembar observasi keaktifan siswa dan kinerja guru, serta catatan lapangan. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji Wilcoxon, uji Mann Whitney, uji Gain dan analisis data deskriptif. Analisis data ditinjau berdasarkan data keseluruhan hasil tes. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh 1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model PBL, 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL, 3) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model PBL lebih baik daripada menggunakan model konvensional, 4) terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.Kata kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...