Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya)
Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2016

Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 1 Jiwan Tahun Ajaran 2015/2016

Fatimah, Dewi (Unknown)
Huriawati, Farida (Unknown)
Handhika, Jeffry (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jiwan tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa.Penelitian dilakukan selama 2 bulan yaitu dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2016. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi untuk analisis data kualitatif, serta tes penilaian kognitif siswa sebagai analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil tes pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yaitu nilai rata–rata kelas tes siklus I adalah 61,25  meningkat menjadi 77,80 pada tes siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe Talking Stickterbukti dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jiwan.Kata Kunci: Hasil  Belajar, Fisika dan Talking Stick.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

prosidingsnfa

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Physics

Description

Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) merupakan media untuk mempublikasikan hasil Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya (SNFA) yang diselenggarakan oleh Program Studi S2 Ilmu Fisika, Pascasarjana, Universitas Sebelas ...