Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran fisika dengan lembar kerja siswa berbasis contextual teaching and learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pakem Yogyakarta tahun 2017/2018.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% dengan hasil sebesar P=0,000, artinya ada perbedaan prestasi belajar kelas yang menggunakan LKS berbasis CTL dibanding dengan kelas dengan pembelajaran konvensional.Rata-rata nilai N-Gain diperoleh melalui data posttest dan pretest. Nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 0,5462 sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,6662. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan LKS berbasis CTL yang telah dikembangkan berpengaruh positif untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII sehingga LKS berbasis CTL tersebut dapat dikembangkan lebih luas.
Copyrights © 2017