Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya)
2016: Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2016

Studi Komparatif Model Pembelajaran Probing-Prompting dan Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Fisika Teknik Ditinjau dari Kreativitas Berpikir Mahasiswa Teknik Informatika, STT Dharma Iswara Madiun

Sulistyaning Kartikawati (IKIP PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran probing-prompting dan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap hasil belajar fisika teknik. 2) apakah ada perbedaan pengaruh kreativitas berpikir tinggi  dan rendah terhadap hasil belajar fisika teknik. 3) apakah ada interaksi antara model pembelajaran probing-prompting dan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) dengan kreativitas berpikir  terhadap hasil belajar fisika teknik. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Teknik Informatika STT Dharma Iswara Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah dua kelas yaitu kelas 2A dengan jumlah 18 mahasiswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas 2B dengan jumlah 16 mahasiswa sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes kreativitas berpikir untuk mengukur kreativitas berpikir mahasiswa sedangkan hasil belajar diperoleh dari quiz dengan menggunakan soal tes kognitif. Analisis data pada penelitian ini meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif dilakukan dengan menyajikan data melalui tabel distribusi frekuensi dan histogram, sedangkan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis. Uji prasyarat analisis menggunakan metode Liliefors, untuk menguji hipotesis menggunakan uji anava dua jalan. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf signifikan 5%  menunjukkan bahwa: 1) tidak ada perbedaan pengaruh model Probing-Prompting dan Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar fisika teknik; 2) tidak ada perbedaan pengaruh kreativitas mahasiswa tinggi dan rendah terhadap hasil belajar fisika teknik; 3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran Probing-Prompting dan student facilitator and explaining dengan kreativitas mahasiswa terhadap hasil belajar fisika teknik. Kata Kunci Probing-Prompting, Student Facilitator and Explaining (SFAE), Hasil Belajar, Kreativitas Berpikir

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

prosidingsnfa

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Physics

Description

Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) merupakan media untuk mempublikasikan hasil Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya (SNFA) yang diselenggarakan oleh Program Studi S2 Ilmu Fisika, Pascasarjana, Universitas Sebelas ...