Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK)
Vol 2, No 1 (2016)

APAKAH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING MAMPU MELATIHKAN KETERAMPILAN ABAD 21?

Mayasari, Tantri (Unknown)
Kadarohman, Asep (Unknown)
Rusdiana, Dadi (Unknown)
Kaniawati, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2016

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin pesat, peran pendidikan menjadi sangat penting dalam mempersiapkan peserta didik agar memiliki keterampilan abad 21. Salah satu upaya untuk menjawab tantangan ini dengan merubah peran guru dari dari penyedia dan peyampai informasi menjadi fasilitator untuk berbagi informasi dan pengetahuan serta melatihkan kemampuan memecahkan masalah kepada peserta didik. Pembelajaran konstruktivisme menjadi salah satu alternatif dalam melatihkan keterampilan abad 21. Model pembelajaran project based learning dan problem based learning menjadi model yang paling poluler pada pendekatan konstruktivisme. Namun, masih banyak para pendidik yang mengalami kebingungan dalam membedakan dan mengoperasikan  kedua model pembelajaran ini. Oleh karena itu, artikel ini mengulas persamaan dan perbedaan antara project based learning dan problem based learning, serta menjawab apakah kedua model pembelajaran tersebut mampu melatihkan keterampilan abad 21.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPFK

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) with registered number ISSN 2442-8868 (printed), ISSN 2442-904X(online) is scientific journals which publish articles from the fields of physics and physics education. JPFK will publish in two times issues Volume 1, Numbered: 1-2 are scheduled for ...