Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK)
Vol 3, No 1 (2017)

Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) Dan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Saregar, Antomi (Unknown)
Diani, Rahma (Unknown)
Kholid, Ridho (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2017

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas implementasi model pembelajaran terhadap hasil belajar fisika siswa SMA pada materi fluida statis, antara kelas dengan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dan kelas dengan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy). Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest kelompok statis (The Static Group Pretest- Postest Design). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kedua kelas, yang dibuktikan dari hasil uji-t dimana thitung> ttabel, Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas dengan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dan kelas model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy). Selanjutnya, diperoleh hasil uji effect size sebesar 0,69 dengan kriteria sedang. Sehingga penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) lebih efektif dalam meningakatkan hasil belajar fisika siswa dibandingkan dengan pemodel pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPFK

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) with registered number ISSN 2442-8868 (printed), ISSN 2442-904X(online) is scientific journals which publish articles from the fields of physics and physics education. JPFK will publish in two times issues Volume 1, Numbered: 1-2 are scheduled for ...