Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK)
Vol 2, No 1 (2016)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA POKOK BAHASAN ANALISIS VEKTOR MELALUI INKUIRI TERBIMBING

Handhika, Jeffry (Unknown)
Kurniadi, Erawan (Unknown)
Ahwan, Ahwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2016

Abstract

Hasil belajar pokok bahasan analisis vektor mahasiswa semester I P. Fisika semester I kurang dari 75.  Model inkuiri terbimbing diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2 siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa mahasiswa semester I gasal tahun akdemik (2015/2016) sejumlah 25 mahasiswa. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pokok bahasan vektor non konten, pada siklus I (75,20) dan siklus II (76,52), sedangkan vektor berbasis konten  siklus I (68,36) menjadi  (69,40) pada siklus II. Aktivitas belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan pada siklus I dan II dibandingkan dengan base line, walaupun pada siklus II mengalami penurunan dibandingkan dengan siklus I.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPFK

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) with registered number ISSN 2442-8868 (printed), ISSN 2442-904X(online) is scientific journals which publish articles from the fields of physics and physics education. JPFK will publish in two times issues Volume 1, Numbered: 1-2 are scheduled for ...