Sistem informasi dalam perpustakaan yang didukung dengan adanya otomasi perpustakaan telah membuka pintu pengembangan kualitas perpustakaan ke arah yang lebih maju. Keberadaan pustakawan dan pelayanan yang memberikan akses ke jaringan perpustakan merupakan aktor kunci dalam kemajuan dan keberhasilan perpustakaan sebagai jantung pendidikan. Pelayanan yang diberikan merupakan salah satu aspek penting, karena merupakan sebuah aspek yang langsung menyentuh perasaan dari pengguna jasa perpustakaan. Sebuah perpustakaan berkaitan erat dengan pelayanan yang diberikan pemustaka atau bagian layanan termasuk fasilitas pendukung yang disediakan sebagai tolok ukur keberhasilan sebuah perpustakaan. Perpustakaan akan dinilai baik secara keseluruhan oleh para pengguna jika mampu memberikan layanan yang terbaik dan dinilai buruk secara keseluruhan jika layanan yang diberikan buruk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan yang diberikan oleh pemustaka selaku pelaksana perpustakaan terhadap pengguna di perpustakaan Al Ghozali Cilacap dan juga untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa selaku pengguna terhadap pelayanan yang diberikan oleh pemustaka di perpustakaan Al Ghozali Cilacap.Untuk mengetahui tingkat kepentingan pelayanan menurut mahasiswa dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan oleh Perpustakaan Al Ghozali Cilacap, penelitian ini menggunakan Diagram Cartesius. dalam pengambilan sampel penelitian ini, teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan random sampling. Sedangkan data yang digunakan diantaranya adalah teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi.Hasil pengujian hipotesis yang meliputi sikap petugas perpustakaan, tanggapan terhadap keluhan mahasiswa, fasilitas tambahan, ketepatan waktu/jadual pelayanan dan jumlah koleksi serta jenis bahan bacaan menunjukkan bahwa para pengguna merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan menganggap penting hal tersebut, akan tetapi pada ketersediaan koleksi bahan bacaan dan tarif denda para pengguna merasa kurang puas dan menganggapnya tidak penting.
Copyrights © 2018