Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah
Vol 2, No 2 (2017): April 2017

Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dengan Strategi Heuristik Krulik dan Rudnik terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Dessy Noor Ariani (Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin)
Hamdan Husein Batubara (Universitas Islam Kalimantan MABBanjarmasin)



Article Info

Publish Date
28 May 2017

Abstract

IndonesiaPendahuluan: Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik (PMR) dengan strategi heuristik krulik dan rudnik terhadap kemampuan berfikir kritis dan prestasi belajar dan hubungan antara kemampuan berfikir kritis terhadap prestasi belajar siswa dengan mengunakan PMR dengan strategi heuristik krulik dan rudnik di Sekolah Dasar. Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan test. Peserta penelitian ini terdiri dari siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 60 orang siswa di SDN Sungai Miai 5 Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia. Hasil: Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat signifikan perbedaan antara kemampuan berfikir kritis dan prestasi belajar dan hubungan yang signifikan antara berfikir kritis dan prestasi belajar. EnglishIntroduction: The main purpose of this study is to identify the effect of Realistic Mathematics Education (RME) with Heurisctic Krulik and Rudnik Strategy and the realitionship between students’ critical thinking and achivement by using RME with Heuristic Krulik and Rudnic strategy. Method: A quasi experiment research design was implemented in this study to achieve this purpose. The instruments used in this study are observation and test. The participants of this study consist of 60 students from Va grade and Vb grade in SDN Sungai Miai 5 Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia. Result: The finding of hyphothesis test shows that 1) there are significant difference of crictical thinking and achievement between RME with heurisctic krulik and rudnik strategy group and conventional learning group and 2) there is significant realitionship between critical thinking and achivement by using RME with heuristic krulik and rudnic strategy.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnalmuallimuna

Publisher

Subject

Education

Description

Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah has electronic ISSN 2476-9703. It is national journal published two times a year (October & April) by the Faculty of Islamic Study & Unit Publication and Management Journal of Islamic University of Kalimantan MAB ...