Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
Vol 5, No 3 (2015): Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Belajar terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Jakarta Barat

Muslihatul Hidayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung konsep diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, pengaruh langsung kecemasan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan pengaruh langsung konsep diri terhadap kecemasan belajar serta pengaruh tidak langsung konsep diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika melalui kecemasan belajar.Metode penelitian yang digunakan teknik penelitian survei. Sampel berjumlah 95 responden yang dipilih secara acak dan proporsional dari seluruh siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jakarta Barat. Analisis data menggunakan metode analisis jalur dengan pendekatan analisis regresi dengan bantuan SPSS 20 dan uji-t sebagai uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan konsep diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika 2) Tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan terhadap kecemasan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika 3)Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan konsep diriterhadap kecemasan belajar 4) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan konsep diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematikamelalui kecemasan belajar. Kata Kunci: Konsep Diri, KecemasanBelajar, Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Formatif

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA (ISSN 2502 5457 for the electronic version and ISSN 2088 351X for the print version) first published in April 2011 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with research, theory ...