Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 1 No 1 (2017)

PENGEMBANGAN LKS BERDASARKAN HASIL STUDI IDENTIFIKASI JENIS BAMBU DI DESA HARAPAN MAKMUR

Riska Rosalia (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Ariefa Primair Yani (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Kasrina Kasrina (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berdasarkan jenis-jenis bambu di Desa Harapan Makmur Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan metode R&D. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, jenis bambu di Desa Harapan Makmur yang terdiri atas 4 marga bambu dengan 5 jenis bambu yaitu , Bambusa vulgaris var.striata, Bambusa multiplex, Gigantochloa robusta, Schizostachyum lima, dan Dendrocalamus asper. Hasil pengembangan LKS berdasarkan studi identifikasi jenis bambu Desa Harapan Makmur dapat digunakan untuk melatih keterampilan proses dalam proses pembelajaran IPA siswa kelas VII SMPN 1 Pondok Kubang Bengkulu Tengah pada materi klasifikasi tumbuhan berdasarkan ciri morfologi dan kunci determinasinya dengan rerata nilai keterampilan 3,82 berkategori sangat baik dan tuntas.Kata kunci: Bambu, Pengembangan LKS, Keterampilan Proses

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...