Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 1 No 1 (2017)

STUDI KAWASAN KONSERVASI DI KOLAM TAMAN PINTAR SEBAGAI BAHAN AJAR LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Eria Irmawati (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Aceng Ruyani (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Ariefa Primair Yani (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengaruh kawasan konservasi di kolam Taman Pintar terhadap laju pertumbuhan kura-kura Sumatera dan 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar LKS berdasarkan hasil studi kawasan konservasi ex-situ kura-kura Sumatera di kolam Taman Pintar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data bahwa komponen-komponen lingkungan yang ada di kawasan konservasi ex-situ kura-kura Sumatera di kolam Taman Pintar berpengaruh terhadap laju pertumbuhan kura-kura yang dapat dilihat peningkatan ukuran morfometri tubuh pada satu tahun terakhir. Selain itu hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan bahan ajar LKS  berdasarkan studi kawasan konservasi di kolam Taman Pintar. Adapun persentase nilai pretest siswa yaitu 48,4%  dan pada nilai postest meningkat menjadi  90.9%.Kata Kunci: Kawasan konservasi, Laju Pertumbuhan, Lembar Kerja Siswa, Hasil Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...