Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XA SMA NEGERI 1 WONGGEDUKU PADA MATERI POKOK ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI MUKA BUMI

Dinda Sulistya Ningrum, Dinda Sulistya Ningrum (Unknown)
Ramli, Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2017

Abstract

Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui gambaran aktivitasbelajar Geografi siswa kelas XA SMAN 1 Wonggeduku dengan menerapkan model pembelajaranPBL; 2) Mengetahui gambaran aktivitas mengajar guru Geografi di kelas XA SMAN 1Wonggeduku dengan menerapkan model pembelajaran PBL; 3) Mengetahui peningkatan hasilbelajar Geografi siswa kelas XA SMAN 1 Wonggeduku dengan menerapkan model pembelajaranPBL. Menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Dari hasil analisis data diperolehkesimpulan bahwa: 1) Gambaran aktivitas belajar siswa pada setiap siklus cenderung mengalamipeningkatan, dimana pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa adalah 2,4 kategori cukupmeningkat pada siklus II 3,5 pada kategori baik; 2) Gambaran aktivitas mengajar guru pada setiapsiklus cenderung mengalami peningkatan dimana pada siklus I skor rata-rata aktivitas guru adalah2,7 kategori cukup dan pada siklus II 3,4 kategori baik; 3) Peningkatan hasil belajar geografisiswa kelas XA SMAN 1 Wonggeduku melalui penerapan model pembelajaran PBL, sebagaiberikut: pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 65,6 dan ketuntasan belajar sebesar 58%. Padasiklus II diperoleh nilai terendah 43, nilai tertinggi 93, nilai rata-rata adalah 75,5 dan ketuntasanbelajar pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 82%.Kata Kunci : Model Pembelajaran, Aktivitas Belajar Mengajar, Hasil Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...