Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pelaksanaanketerampilan dasar mengajar guru geografi khususnya dalam aspek keterampilanmemberi penguatan, pengelolaan kelas, dan keterampilan bertanya guru di SMA KartikaXX-2 Kota Kendari. Sebagian besar indikator yang terdapat dalam keterampilan dasarmemberi penguatan pada pembelajaran geografi di SMA Kartika XX-2 Kota Kendaritelah dilaksanakan yaitu berkaitan dengan indikator : penguatan verbal dan penguatannon verbal. Sebagian besar indikator yang terdapat dalam keterampilan dasarpengelolaan kelas pada pembelajaran geografi di SMA Kartika XX-2 Kota Kendari telahdilaksanakan yaitu berkaitan dengan indikator keterampilan yang berhubungan denganpenciptaan kondisi belajar yang optimal (Preventif). Semua indikator yang terdapatdalam keterampilan dasar bertanya pada pembelajaran geografi di SMA Kartika XX-2Kota Kendari telah dilaksanakan yaitu keterampilan bertanya dasar dan keterampilanbertanya lanjutan. Kendala guru geografi dalam melaksanakan keterampilan dasarmemberi penguatan dan pengelolaan kelas di SMA Kartika XX-2 Kota Kendariberkaitan dengan indikator: penguatan dengan sentuhan, penguatan dengan simbol ataubenda dan memodifikasi tingkah laku.Kata Kunci : Keterampilan mengajar, Pengelolaan kelas, Penguatan, Bertanya
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016