Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI STUDI KASUS MATERI ATMOSFER PADA SISWA KELAS X4 SMA NEGERI 1 MAWASANGKA TENGAH

Juraida, Juraida (Unknown)
La Ode Nursalam, La Ode Nursalam (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2017

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: mendeskripsikan aktivitas belajarsiswa, aktivitas mengajar guru, dan mengetahui peningkatan hasil belajar geografi padamateri atmosfer kelas X4 di SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah. Prosedur penelitiantindakan kelas ini adalah sebagai berikut: perencanaan, perbaikan tindakan danobservasi, evaluasi, serta refleksi. Jenis penelitian ini adalah data kualitatif dan datakuantitaif yang diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkananalisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) aktivitas siswa dengan penerapan modelcooperative learning tipe TPS pada setiap siklus ditunjukkan dengan skor rata-rataaktivitas siswa pada siklus I sebesar 1,78 (kurang), pada siklus II yaitu 2,41 (cukup),pada siklus III sebesar 3,0 (baik), dan siklus IV menjadi 3,40 (sangat baik); 2) aktivitasmengajar guru dengan model cooperatif learning tipe TPS ditunjukkan dengan skor ratarata pada setiap siklus, dimana pada siklus I skor rata-rata aktivitas guru adalah 1,9(kurang), siklus II sebesar 2,6 (cukup), siklus III sebesar 3,2 (baik) dan siklus IV sebesar3,8 (sangat baik). 3) Tejadi peningkatan hasil belajar geografi kelas X4 SMAN 1Mawasangka Tengah dari siklus I, siklus II,siklus III, ke siklus IV. Berdasarkan hasilpenelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapatmeningkatkan hasil belajar geografi dikelas X4 SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah.Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Think-Pair-Share, Atmosfer, Hasil Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...