> Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui signifikansi antara nilai ratarata pre-test kelas eksperimen dengan pre-test kelas kontrol. 2) Mengetahui nilai ratarata post-test kelas eksperimen lebih baik secara signifikansi daripada nilai rata-rata posttest kelas control. 3) Mengetahui nilai rata-rata gain kelas eksperimen lebih baik secarasignifikansi dari pada nilai rata-rata gain kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalahseluruh jumlah populasi yaitu 44 siswa yang tersebar dalam 2 kelas paralel yaitu kelasXI IPS1 dan XI IPS2. Analisis data dalam penelitian ini melalui analisis dekskriptif daninferensial. Dari hasil analisis dekskriptif pre-test kelas eksperimen diperoleh nilaimaksimum 45 dan nilai minimum 10, rata-rata nilai 28.41 dan standar deviasi 9.93;sedangkan pre-test kelas kontrol diperoleh nilai maksimum 40 dan nilai minimum 10,rata-rata nilai 25.68 dan standar deviasi 9.30. post-test kelas eksperimen diperoleh nilaimaksimum 90, minimum 65, rata-rata nilai 78.18 dan standar deviasi 8.80; sedangkanpost-test kelas kontrol diperoleh nilai maksimum 85, minimum 60; rata-rata nilai 72.50dan SD 7.98. Dari uji statistik inferensial menunjukkan bahwa pembelajaran mediaberbasis peta konsep lebih efektif daripada pembelajaran konvensional dalam upayapeningkatan hasil belajar siswa kelas XI dengan taraf kepercayaan 95% (α = 0.05).Kata kunci: Peta Konsep, Media, dan Hasil Belajar
Copyrights © 2016