Indonesian Journal of Primary Education
Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education

Strategi Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Pendekatan Saintifik dengan Metode Problem Based Learning di Kelas IV SDN 3 Selajambe Kabupaten Kuningan

Nugraha, Junaedi (Unknown)
M.S, Zulela (Unknown)
Fuad, Nurhattati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui pendekatan saintifik dengan metode problem based learningpada siswa kelas IV SDN 3Selajambe Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan  menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart.  Penelitian tindakan ini diakhiri dalam dua siklus.Hal ini didasarkan berdasar hasil penelitian pada siklus ke II mengalami peningkatan yang sangat signifikan, disertai dengan telah tercapainya kriteria keberhasilan tindakan.Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan menulis karangan, dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh bahwa aktivitas guru dan siswa meningkat setiap siklus. Rata–rata tes kemampuan menulis karangan pada pra tindakan  dengan nilai 65, siklus I dengan nilai 79 dan siklus II dengan nilai rata-rata 88. Persentase ketuntasan dari pra tindakan  sebesar 28% meningkat pada  siklus II  menjadi 100% tuntas dengan persentase peningkatan sebesar 72%.  Hasil penelitian membuktikan bahwa pendekatan saintifik dengan model problem based learningdapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 3 Selajambe.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...