Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui pendekatan saintifik dengan metode problem based learningpada siswa kelas IV SDN 3Selajambe Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan ini diakhiri dalam dua siklus.Hal ini didasarkan berdasar hasil penelitian pada siklus ke II mengalami peningkatan yang sangat signifikan, disertai dengan telah tercapainya kriteria keberhasilan tindakan.Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan menulis karangan, dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh bahwa aktivitas guru dan siswa meningkat setiap siklus. Rataârata tes kemampuan menulis karangan pada pra tindakan dengan nilai 65, siklus I dengan nilai 79 dan siklus II dengan nilai rata-rata 88. Persentase ketuntasan dari pra tindakan sebesar 28% meningkat pada siklus II menjadi 100% tuntas dengan persentase peningkatan sebesar 72%. Hasil penelitian membuktikan bahwa pendekatan saintifik dengan model problem based learningdapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 3 Selajambe.
Copyrights © 2018