Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 2 No 1 (2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP PEMBANGUNAN KARANGMOJO

Isna Zain (Unknown)
Hidayati Hidayati (Unknown)
Astuti Wijayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar IPA yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Team Individualization Assisted dan ekspositori. Secara komparatif untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Pembangunan Karangmojo tahun pelajaran 2014/2015 antara model pembelajaran Team Assisted Individualization dan ekspositori. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Persyaratan analisis meliputi uji normalitas sebaran, dan uji homogenitas varian. Teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar IPA yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Team Individualization Assisted termasuk kategori tinggi dan model pembelajaran ekspositori termasuk kategori sedang. Rata-rata skor kelompok kelas eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Dengan demikian, ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII Pembangunan Karangmojo

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

NATURAL

Publisher

Subject

Education

Description

Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science education ...