Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 2 No 2 (2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA

Nur Juniana (Unknown)
Hidayati Hidayati (Unknown)
Septi Ambarwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banguntapan yang menggunakan model Outdoor Learning dan model Ekspositori. Secara komparatif untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banguntapan antara pembelajaran menggunakan model Outdoor Learning dengan model Ekspositori. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif yang bersifat “Quasi Eksperiment”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes. Analisis data secara deskriptif dengan kriteria kurva normal ideal dan secara komparatif dengan uji-t. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar  IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banguntapan yang menggunakan model Outdoor Learning masuk kriteria sangat tinggi. Model Ekspositori masuk dalam kriteria tinggi. Secara komparatif ada pengaruh model pembelajaran Outdoor Learning terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

NATURAL

Publisher

Subject

Education

Description

Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science education ...