Jurnal Penelitian Sains Teknologi
Volume 13, No. 1, April 2012

Hubungan Antara Kedisiplinan dan Persepsi Mahasiswa tentang PBL dengan Prestasi Belajar

Basuki, Sri Wahyu (Unknown)
Subijanto, AA (Unknown)
Wiyoso, Hari (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2017

Abstract

Pengaruh globalisasi yang melanda Indonesia menuntut perguruantinggi untuk menghasilkan lulusan yang dapat bersaing dalam duniaglobal. Dokter dituntut setidaknya memiliki kompetensi rata-ratadokter, sebagai wujud prestasi belajar, yang sekualifikasi pada situasidan kondisi yang sebanding dalam melaksanakan prakteknya.Kedisiplinan dan persepsi merupakan beberapa faktor yang dapatmempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui dan menganalisis hubungan kedisiplinan dan persepsimahasiswa tentang PBL dengan prestasi belajar mahasiswa FakultasKedokteran di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jenis penelitianini adalah penelitian kuantitatif observasional analitik (non-experiment)yang menjelaskan hubungan dua variabel, yaitu variabel bebas(kedisiplinan dan persepsi mahasiswa tentang PBL) dan variabel terikat(prestasi belajar). Penelitian ini menggunakan pendekatan crosssectional. Jumlah mahasiswa sebagai sampel sebanyak 56 orang. Datadiperoleh melalui kuesioner, ceklist dan dokumentasi, selanjutnya datadatayang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis bivariat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p hasil uji analisis antarakedisiplinan dan indek prestasi adalah 0,312 dan antara persepsitentang PBL dan indek prestasi adalah 0,467, keduanya lebih besar dari0,05. Koefisien korelasi yang ditunjukkan oleh nilai r sangat lemahwalaupun arah korelasi positif. Nilai r hasil uji analisis antarakedisiplinan dan indek prestasi adalah 0,138 dan nilai r antara persepsitentang PBL dan indek prestasi adalah 0,099. Berdasarkan hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa baik variabel kedisiplinan maupunpersepsi tentang PBL, masing-masing tidak menunjukkan hubunganyang signifikan terhadap prestasi belajar. Dengan demikian juga dapatdisimpulkan bahwa terdapat korelasi yang sangat lemah antarakedisiplinan dan prestasi belajar, demikian juga antara persepsi tentangPBL dan prestasi belajar.

Copyrights © 2012