Lingkungan merupakan media dalam proses pembelajaran. Media lingkungan merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan pembelajaran dan meningkatkan hasil pembelajaran. Sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang berorientasi kepada siswa, maka proses pembelajaran bisa terjadi dimana saja dan kelas bukanlah satu-satunya tempat belajar para peserta didik. Untuk tercapainya proses dalam pembelajaran yang aktif, terpadu, dan memiliki karakter maka lingkungan tidak dapat terpisahkan dari proses pembelajaran. Karena hakikatnya adalah pembelajaran suatu interaksi antara individu dan lingkungan. Lingkungan menyediakan rangsangan (stimulus) terhadap individu dan sebaliknya individu memberikan respon terhadap lingkungan. Melalui pendekatan lingkungan ini siswa diajak memahami konsep sain dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar. Dengan demikian mereka diharapkan akan memilki kepedulian terhadap lingkungannya dan berawal dari pemahaman dan kepedulian itu mereka dapat mencari solusi, mengambil keputusan dan melakukan tindakan nyata apa bila mereka suatu ketika menghadapi masalah dalam lingkungan mereka sendiri
Copyrights © 2016