Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban
Vol 3 No 1 (2015)

KEBIJAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DALAM KURIKULUM 2013 PAUD

Aris Nurlailiyah Atik Wartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2016

Abstract

Paper ini adalah kajian yang berbasis library research. Paper ini mencoba mengkaji tentang Kebijakan Pembelajaran Tematik Integratif dalam Kurikulum 2013 PAUD. Paper ini sangat menarik karena, pertama pemerintah telah menetapkan kebijakan pembelajaran tematik integratif, sedangkan di PAUD selama ini sudah menggunakan pendekatan tematik. Kedua, pendekatan pembelajaran tematik integratif menjadi hal utama dalam penggunaan K-13 PAUD dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran lain. Pada paper ini terdapat tiga pertanyaan, yaitu pertama bagaimana kebijakan K-13 PAUD?, kedua, bagaimana pendekatan pembelajaran berbasis K-13, ketiga bagaimana implementasi tematik Integratif di PAUD?. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui kebijakan K-13 PAUD, pendekatan pembelajaran K-13 PAUD dan implementasi tematik integratif. Kesimpulan dari paper ini, yang pertama Kebijakan pembelajaran tematik integratif berdasarkan landasan yuridis, psikologis dan filosofis. Kedua Pendekatan pembelajaran K-13 PAUD yang utama adalah tematik integratif dan yang ke tiga implementasi pembelajaran tematik integratif mengacu pada kebijakan K-13 PAUD sebagai acuan minimal dengan akhir dari kegiatan pembelajaran terdapat puncak tema.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

al-afkar

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban merupakan jurnal keislaman dan peradaban dengan kajian multidisipliner, terbit dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober), dikelola oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fak. Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indragiri Tembilahan. Redaksi menerima ...