JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia)
Vol 2, No 2 (2017): Volume 2 Number 2 September 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGITIGA

Suji Suji (STKIP Singkawang)
Resy Nirawati (STKIP Singkawang)
Mariyam Mariyam (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan  model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament  untuk  meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segitiga kelas VII. Jenis penelitian  yang digunakan  adalah  kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan True Experimental  dengan  menggunakan bentuk penelitian  Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII MTs Ushuluddin Singkawang yang terdiri dari kelas VII A,VII B,VII C, VII D, VII E, VII F dengan jumlah 140 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan probability sampling, dengan teknik simple random sampling maka didapat kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 orang dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 22 orang. Hasil analisis data  menunjukkan bahwa; 1) Terdapat peningkatan kelas eksperimen sebesar 0,51 dan hasil uji-t dua sampel diperoleh 3,54 > 2,08 sehingga terdapat perbedaan  peningkatan  kemampuan  pemecahan masalah matematis siswa antara kelas yang diberikan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan kelas yang diberikan pembelajaran konvensional pada materi segitiga; 2) Aktivitas  siswa dengan menggunakan model pembelajaran  Teams  Games Tournament tergolong aktif yaitu  memperoleh  persentase  sebesar 77%; 3) Respon  siswa terhadap pembelajaran  matematika tergolong positif terhadap penerapan model Teams Games Tournament pada materi segitiga dengan persentase sebesar  86%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPMI

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), e-ISSN: 2477-8443, p-ISSN: 2477-5959 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and studies in the field of science ...