JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia)
Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Number 1 March 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Nindy Citroresmi Prihatiningtyas (STKIP Singkawang)
Nurhayati Nurhayati (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan kemapuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah sema siswa kelas VIII SMP N 11 Singkawang. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ; (1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan uji gain dan uji t, dengan perhitungan uji gain yang berada dalam kategori sedang dan perrhitungan uji t dimana nilai t hitung > t tabel; (2) Respon siswa terhadap model pembelajaran means ends analysis  dikategorikan baik; (3) aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran, siswa terlihat aktif mempelajari materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran means ends analysis  dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPMI

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), e-ISSN: 2477-8443, p-ISSN: 2477-5959 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and studies in the field of science ...