JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia)
Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Number 1 March 2018

PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI PRISMA

Nur Khotimah (STKIP Singkawang)
Citra Utami (STKIP Singkawang)
Nindy Citroresmi Prihatiningtyas (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan literasi matematis siswa, motivasi belajar siswa, dan keterlaksanaan model Learning Cycle 7E pada materi prisma kelas VIII SMP Negeri 8 Singkawang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Negeri 8 Singkawang yang terdiri dari lima kelas yang berjumlah 141 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Adapun sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t Independen, dan persentase rata-rata indikator motivasi dan keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan:1) Adanya perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa pada kelas yang  diterapkannya model Learning Cycle 7E dengan kelas yang diterapkan model pembelajaran langsung. 2) Motivasi belajar siswa dikategorikan tinggi. 3) Keterlaksanaan model Learning Cycle 7E dikategorikan baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPMI

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), e-ISSN: 2477-8443, p-ISSN: 2477-5959 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and studies in the field of science ...