Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran
Vol 7, No 02 (2017)

Pengaruh Model Pembelajaran Perubahan Konseptual (MPPK) Terhadap Hasil Belajar IPS dan Sikap Multikultural Siswa Sekolah Dasar Berlatar Belakang Monokultur

Subroto Rapih (Universitas Sebelas Maret)
Sutaryanto Sutaryanto (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran perubahan konseptual pada hasil belajar IPS dan sikap multikultural siswa Sekolah Dasar yang berada di wilayah Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dalam bentuk Post-Test Only Control Group Design. Penelitian ini melibatkan tiga variabel yang terdiri dari satu variabel bebas dan dua variabel terikat. Variabel bebas adalah model pembelajaran perubahan konseptuan sedangkan variabel terikat yaitu prestasi belajar IPS dan sikap multikultural siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis inferensial dengan menggunakan analisis statistik multivariat (MONOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS dan kesadaran multikultural pada siswa yang mengikuti pembelajaran perubahan konseptual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan hasil perhitungan F: 40,222;p<0.05. 2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS pada siswa yang mengikuti pembelajaran perubahan konseptual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan hasil perhitungan F: 70.520;p<0.05. 3) terdapat perbedaan kesadaran multikultural pada siswa yang mengikuti pembelajaran perubahan konseptual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan hasil perhitungan F: 12.089;p<0.05. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembalajaran perubahan konseptual berpengaruh pada hasil belajar mata pelajaran IPS dan kesadaran multikultural siswa kelas IV Sekolah Dasar di wilayah Desa Gondosuli.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PE

Publisher

Subject

Education

Description

PREMIERE EDUCANDUM: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and ...