Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika)
2016: Prosiding SNPF II 2016 "Peran Ilmuwan dan Pendidikan Fisika dalam Menghadapi MEA"

Pengembangan Practical Guide Dengan Konten Emotional Intelligence Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa MAN 2 Madiun

Andri Dwijayanti (IKIP PGRI MADIUN)
Mislan Sasono (IKIP PGRI MADIUN)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan practical guide dengan konten emotional intelligence berbasis inkuiri terbimbing. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan pengembangan perangkat pembelajaran  “practical guide dengan konten emotional intelligence berbasis inkuiri terbimbing” dapat meningkatkan keterampilan proses siswa.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan penelitian yang memuata tiga komponen utama yaitu: (1) Model Pengembangan, Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural adalah model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. (2) Prosedur pengembangan, Adapun prosedur pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D (four-D). (3) Uji  coba produk, produk yang telah dikembangkan akan di uji cobakan pada dua kelas yang berbeda yakni XI MIA 4 untuk uji coba kelas kecil dan  kelas XI IIS 1 sebagai uji coba kelas terbatas. Teknik analisis data pada penelitian adalah lembar validasi materi dan media, lembar respon siswa dan guru kemudian dimasukan dalam kriteria penilaian sebagai berikut: (90-99) sangat baik, (80-89) Baik,  (70-79) Cukup dan (60-69) kurang. Hasil dari validasi adalah 82,5% (B) dan 96, 5% (A), sedangkan respon siswa 84% (B) di kelas kecil, 86,7% B) di kelas terbatas. Berdasarkan hasil nilai observer telah menyatakan bahwa practical guide mampu meningkatkan keterampilan proses siswa  dengan menggunakan perhitungan N- Gain. Hasil yang diperoleh yaitu 0,8 dengan kriteria g > 0,7 dan dikategorikan mempunyai peningkatan yang tinggi pada uji kelas kecil. Pada kelas terbatas mendapatkan hasil 0,4 kriteria yang digunakan 0,3< g ≤ 0,7 dengan kategori sedang.  Melihat hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa practical guide dengan konten emotional intelligence berbasisi inkuiri terbimbing  layak digunakan pada kegiatan praktikum dan mampu meningkatkan keterampilan proses siswa.

Copyrights © 2016