ASALIBUNA
Vol 1, No 2 (2017)

تطویر المواد التعلیمیة على المنھج التكاملي لترقیة مھارة القراءة

Firdaus, Muhammad Anang (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2018

Abstract

Metode Integratif dalam desain bahan ajar belum menjadi opsi pilihan bagi guru dan pelajar, terutama di kalangan pesantren. Kebanyakan guru pesantren masih menggunakan metode tradisional "al-Qawāid wa al-Tarjamah" dalam pendidikan mereka. Meskipun para ulama dan pendidik di Arab telah meninggalkan pendekatan ini sejak tahun 1960-an dan mengubah pendekatan mereka dengan metode "al-Samiyyah al Shafahiyyah". Namun, pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kemendikbud dan Kementerian Agama telah menerbitkan materi pendidikan berupa buku ajar yang dirancang dengan pendekatan metode Integratif ini, setelah pemerintah menetapkan kurikulum pendidikannya dengan pendekatan baru ini di tingkat nasional yaitu Kurikulum 13 (K13). Sejak tahun 2015, buku ini telah digunakan oleh beberapa sekolah negeri dan sekolah swasta yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. Akan tetapi metode pendidikan di pesantren masih tetap dengan kurikulum lamanya. النقاط الحاكمة: المواد التعلیمیة، المنھج التكاملي، مھارة القراءة مقدمة

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

asalibuna

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ASALIBUNA adalah Jurnal yang membahas dan mendiskusikan perkembangan keilmuan bahasa Arab dan pembelajarannya. Jurnal ASALIBUNA hadir untuk mengakomodir pemikiran-pemikiran kritis, kreatif dan inofatif dari para dosen, guru dan praktisi bahasa Arab di Indonesia khususnya di IAIN Kediri. ...