JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 3, Number 1, June 2018

PENGARUH LAYANAN INFORMASI MANAJEMEN DIRI DISERTAI MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALU

Ahmad, Ulfa (Unknown)
Thalib, Mansyur (Unknown)
Munifah, Munifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2018

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah disiplin belajar di sekolah siswa sesudah mengikuti layanan informasi manajemen diri disertai media poster lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum mengikuti layanan informasi manajemen diri disertai media poster.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui efektifitas layanan informasi manajemen diri disertai media poster untuk meningkatkan disiplin belajar siswa di sekolah.Subjek dalam penelitian ini adalah 16 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah pedoman observasi disiplin belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan rumus uji t. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa sebelum pelaksanaan layanan informasi manajemen diri disertai media poster yaitu ada 25% siswa yang memiliki disiplin belajar di sekolah sedang, 62,5% siswa yang memiliki disiplin belajar di sekolah rendah, dan ada 12,5% siswa yang memiliki disiplin belajar di sekolah yang sangat rendah. Sedangkan sesudah pelaksanaan layanan informasi manajemen diri disertai media postermaka terjadi peningkatan disiplin belajar di sekolah yaitu 6,25% siswa yang memiliki disiplin belajar di sekolah tinggi, 75% siswa yang memiliki disiplin belajar di sekolahsedang dan 18,75% siswa yang memiliki disiplin belajar di sekolah rendah. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa layanan informasi manajemen diri disertai media poster efektif untuk meningkatkan disiplin belajar di sekolah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palu.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...