JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 3, Number 1, June 2018

MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 3 PALU

hikma, Hikma (Unknown)
Munir, Abd (Unknown)
Munifah, Munifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2018

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini apakah teknik sosiodrama dapat meningkatkan perilaku prososial siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku prososial siswa melalui teknik sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) bimbingan dan konseling. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, antara lain : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa dengan tingkat perilaku prososial rendah. Jenis tindakan yang dilakukan adalah teknik sosiodrama. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi perilaku prososial, lembar observasi pelaksanaan teknik sosiodrama dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti teknik sosiodrama pada siklus I, persentase perilaku prososial siswa meningkat sebesar 21,53%, sedangkan setelah mengikuti teknik sosiodrama pada siklus II, persentase perilaku prososial siswa meningkat sebesar 33,32%. Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan pelaksanaan tindakan pada siklus II yang telah diperbaiki berdasarkan hasil refleksi dari siklus I. Jadi dapat dibuktikan bahwa perilaku prososial siswa meningkat setelah mengikuti teknik sosiodrama.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...