Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengintegrasikan model pembelajaran problem  solving  dan  learning  cycle  5E  terhadap  prestasi  belajar  siswa  (2)  pengaruh kemampuan  metakognisi  terhadap  prestasi  belajar;  (3)  interaksi  antara  model pembelajaran problem solving dan learning cycle 5E dengan kemampuan metakognisi terhadap  prestasi  belajar  siswa.  Penelitian  ini  menggunakan  desain  faktorial  2  ×  2. Partisipan pada artikel ini adalah siswa kelas XI MIPA 6 dan XI MIPA 7 SMA Negeri 3  Surakarta  tahun  Pelajaran  2016/2017.    Data  hasil  penelitian  menggunakan  anava dua  jalan  dengan  frekuensi  sel  tak  sama,  sedangkan  data  prestasi  analisis  dan  uji menggunakan  uji  statistik  non  parametrik  Kruskal  Wallis  H.  Hasil  penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada faktor model pembelajaran pemecahan masalah dan siklus belajar  5E  (2)  Ada  pengaruh  kemampuan  metakognisi  terhadap  prestasi  dan keterampilan,  sedangkan  kemampuan  untuk  belajar;  (3)  Tidak  ada  interaksi  antara model  pembelajaran  problem  solving  dan  learning  cycle  5E  dengan  kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar siswa, sikap dan keterampilan.  Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kelompok Peer, Prestasi Belajar Siswa 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018